ikut bergabung

PDAM Tirta Jeneberang Segera Bangun IPA Borongloe Kapasitas 100 Liter per Detik 


Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menerima dokumen pendapat hukum tentang pembangunan IPA kapasitas 100 liter per detik dari Kajari Gowa Moh Basyar Rifai beberapa waktu lalu.

Sulsel

PDAM Tirta Jeneberang Segera Bangun IPA Borongloe Kapasitas 100 Liter per Detik 

GOWA, UJUNGJARI.COM — Kondisi Kabupaten Gowa untuk wilayah perkotaan dataran rendah itu minus sembilan liter berdasarkan hasil perhitungan survei kemarin. Sehingga sulit bagi pihak PDAM Tirta Jeneberang Gowa untuk melakukan pengembangan perluasan jaringan dan peningkatan cakupan pelayanan. 

Karena itu satu-satunya jalan adalah menambah kapasitas produksi. Hal itu dikatakan Direktur Utama PDAM Tirta Jeneberang Gowa Hasanuddin Kamal kepada Beritakota Makassar di kantornya, Rabu (5/2/2020) pagi.

Hasanuddin mengatakan untuk menambah kapasitas produksi tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, minimal 16 miliar rupiah. 

” Sementara bantuan dari APBN dan  APBD 1 tidak sampai. Sehingga apa yang kami lakukan, dengan melakukan pembangunan instalasi bekerjasama dengan swasta. Swasta ini membangun nanti dan setelah dibangun, maka saya operasikan dan saya cicil, maksudnya PDAM Gowa,” kata Hasanuddin.

Namun diakui Hasanuddin, regulasi untuk itu sangat panjang. Karena pihaknya tidak mau  hal ini bermasalah, maka peraturan direksi mengacu pada peraturan bupati untuk pengadaan regulasi itu. 

” Peraturan direksi ini pun saya mintakan pendapat hukum dari kejaksaan sehingga betul-betul pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dan belum lama ini bapak Bupati Gowa telah menerima pendapat hukum tentang pembangunan IPA 100 liter per detik dari bapak Kajari Gowa,” jelas dirut lagi.

Dikatakannya, pihak Kejaksaan sudah melakukan audiens ke Kementerian PUPR tentang mekanisme dan regulasi sebelum mengeluarkan pendapat hukum terhadap peraturan direksi yang menjadi dasar dari pembangunan proyek IPA 100 liter per detik itu. 

Baca Juga :   Tiga Pilar Desa Majapahit Pasimarannu Bentuk Tim Pencegahan Covid-19

” Kembali lagi saya katakan, sama sekali kita kehabisan produksi, tidak ada pengemban yang bisa kami layani sekarang. Bahkan perumahan-perumahan dan rumah penduduk pun hanya satu dua yang bisa kami layani. Tapi insha Allah dengan terbangunnya 100 liter per detik di poros Malino tepatnya di Kelurahan Borongloe, Kecamatan Bontomarannu nanti yang air bakunya bersumber langsung dari waduk Bilibili, maka kami bisa menambah tidak kurang dari 10 ribu sambungan. Paling tidak ini bisa memenuhi kebutuhan dalam satu dua tahun ke depan,” beber Hasanuddin. 

100 liter per detik ini tambah dia, merupakan kebutuhan antara karena pihak PDAM Tirta Jeneberang masih tetap berharap pembangunan IPA Regional 1000 liter yang dibangun pemerintah provinsi itu dapat terwujud. Karena disitu PDAM Tirta Jeneberang  dapat porsi 200 liter per detik. 

dibaca : 69

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top