ikut bergabung

Cegah Longsor, Pemkab Gowa Akan Tanam Vetiver Besar-besaran


Tanaman vetiver

Sulsel

Cegah Longsor, Pemkab Gowa Akan Tanam Vetiver Besar-besaran

GOWA, UJUNGJARI.COM — Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kabupaten Gowa akan melakukan aksi tanam vetiver atau vetiveria zizanioides dalam skala besar. Penanaman tumbuhan sejenis sereh ini akan dilakukan Pemkab Gowa di sembilan wilayah kecamatan dataran tinggi dan dua wilayah dataran rendah.

Menurut Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, penanaman vetiver ini untuk merecoveri kembali tanah-tanah tandus di kemiringan yang berpotensi mengalami lonsor.

“Saya berharap untuk menjadi perhatian kita semua, bahwa penanaman Vetiver ini diharapkan dapat memperbaiki struktur tanah kembali dan mencegah potensi longsor,” kata Adnan saat menggelar coffee morning di hari ketiga awal pekan ini, Rabu (29/1/2020) di Baruga Karaeng Pattingaloang Pemkab Gowa.

Baca Juga

Vetiver ini masuk jenis tanaman rumput-rumputan dengan perakaran empat hingga enam meter. Vetiver yang juga biasa disebut akar wangi ini, cocok ditanam pada tanah dengan kemiringan yang cukup ekstrim.

Menurut Adnan, belajar dari bencana alam yang pernah terjadi pada 22 Januari 2019, di mana tanah-tanah yang mengalami longsor karena kurangnya daya tahan tanah, akibat berkurangnya pohon-pohon yang berfungsi menyerap air, sehingga dibutuhkan tanaman seperti Vetiver.

Melihat skala penanaman yang cukup luas, Adnan pun mengatakan, penanaman tanaman ini akan melibatkan banyak pihak, baik masyarakat, ASN, TNI, Polri, organisasi kepemudaan, pemerhati sosial, pemerhati lingkungan dan lainnya.

Bahkan karena lahannya yang diprediksi luas serta tanaman vetivernya akan disiapkan dalam jumlah banyak maka aksi penanaman vetiver ini bisa menjadi agenda penting yang memungkinkan dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MuRI). Hal inipun menjadi harapan Adnan. (sari)

Baca Juga :   GJS Milad Muhammadiyah Soppeng Umroh Gratiskan 4 Orang 

dibaca : 43



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top