ikut bergabung

Elevasi Waduk Bilibili Dibawah Normal, Wakapolres Gowa: Jangan Mudah Termakan Isu yang Meresahkan


Kondisi air waduk Bilibili saat ini. 

Sulsel

Elevasi Waduk Bilibili Dibawah Normal, Wakapolres Gowa: Jangan Mudah Termakan Isu yang Meresahkan

GOWA, UJUNGJARI.COM — Curah hujan yang mulai meninggi di bagian hulu Kabupaten Gowa jelas telah menambah pasokan air masuk ke sungai Jeneberang dan waduk Bilibili.

Kondisi curah hujan sejak Sabtu (11/1/2020) petang kemarin terus berlanjut hingga Minggu (12/1/2020) pukul 15.00 Wita. Hujan pun dipastikan akan berlanjut seperti prediksi BMKG yang memprediksikan hingga 15 Januari 2020 bahkan hingga Februari mendatang.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) Supardji yang dikonfirmasi mengatakan hingga kini kondisi elevasi waduk masih tetap dibawah normal.

Baca Juga

Untuk kondisi terkini katanya, per 16.00 Wita, Minggu (12/1/2020) elevasi waduk Bilibili pada angka 86,84 Mdpl. Angka ini masih sangat hauh dari batas normal.

Untuk rinciannya sesuai kategori tingkat kenaikan dan statusnya tambahnya adalah sebagai berikut,  elevasi normal itu pada angka +99.50 Mdpl, elevasi waspada pada angka +100.00 Mdpl, elevasi siaga pada angka +101.60 Mdpl dan elevasi awas sudah mencapai angka +103.00 Mdpl.

Pada level status waspada inilah, pihak waduk harus melakukan pembuangan air dengan membuka pintu air waduk dengan terukur.

“Untuk saat ini kondisi elevasi masih pada angka 86.84 Mdpl atau masih dibawah normal,” terangnya.

Saat ini pula pihak BBWSPJ melakukan pengamatan status secara rutin dan melakukan updating data elevasi per jam. Giat pengawasan ini dibantu jajaran Pam Kepolisian dari Polres Gowa.

Baca Juga :   Jubir Covid-19 Kota Palopo Ikuti Rakor Vaksinasi

Ditanya terkait adanya informasi bahwa elevasi air waduk sudah melewati batas normal yang diposting oknum di medsos, Supardji langsung membantah.

“Itu tidak benar. Yang benar bahwa kondisi elevasi air waduk masih dibawah normal,” tandas Supardji.

Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola mengawasi secara langsung updating monitor elevasi dan dikontrol rutin oleh Wakapolres Gowa Kompol Muh Fajri Mustafa dengan menempatkan sejumlah personil polisi di sebagai Pam jaga mendampingi petugas internal Waduk Bilibili.

Tidak ada satupun warga yang dibolehkan masuk ke ruang data waduk selain petugas internal Dam. Petugas Pam pun hanya melakukan penjagaan dari luar dan tidak membebaskan pengunjung waduk untuk masuk area jaga kecuali di luar gerbang waduk jika hanya untuk melihat-lihat kondisi waduk.

Terpisah Wakapolres Gowa Kompol Muh Fajri Mustafa kepada Beritakota Makassar, Minggu siang kemarin mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya berita-berita yang beredar dan tidak bisa dipertanggungjawabkan apalagi yang digaungkan di medsos tanpa ada konfirmasi pejabat berwenang.

dibaca : 61

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top