ikut bergabung

BPBD Parepare Rilis Titik Rawan Bencana Alam. Ini Lokasinya


Sulsel

BPBD Parepare Rilis Titik Rawan Bencana Alam. Ini Lokasinya

PAREPARE, UJUNGJARI.COM – Curah hujan semakin tinggi sesuai prakiraan cuaca Badan Metrologi  Geofisika (BMG) sejak hari Sabtu, (11/1/20) hingga Ahad (12/1/2020) bahwa Parepare digujur hujan lebat dan angin Muson.

Sesuai pernyataan kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Parepare, Rusli telah merilis bahwa lokasi titik rawan banjir dan longsor berdasarkan data dari Badan Geologi Universitas Hasanuddin Makassar.

Menurutnya, potensi bencana beberapa hari ini paling mudah terjadi dan yang terpantau khususnya kejadian bencana angin kencang dan banjir serta longsor, di berbagai 22 kelurahan, dimana titik rawan seperti Kelurahan Cappa Galung, Kelurahan Bukit Harapan depan, Kelurahan Lapadde, Kelurahan Bukit Harapan, Kelurahan Lompoe dan kelurahan lemoe.

Untuk wilayah rawan bencana banjir, kata Rusdi, diantaranya Kelurahan Bumi Harapan dan  Kelurahan Lapadde,  Kelurahan Galung Maloang, Lermoe dan wattang Bacukiki, bersumber dari sungai Jawi-jai, sungai tegal dan aliran sungai Karajae.

Kemudian banjir juga terja di Kelurahan Bumi Harapan dua titik jembatan dekat pales teduh dan jembatan belakang RSUD Andi Makkasau, Kelurahan Wattang Bacukiki ada tiga titik Jembatan Wattang Bacukiki, Lottange dekat SD, dan Mangimpuru gunung todong dekat Masjid.

Sementara itu, untuk titik rawan bencana angin kencang, diantaranya Kelurahan Lumpue, terdapat tiga titik yakni Perbatasan Kota Parepare dan Kabupaten Barru, Permandian Pantai Lumpue, dan Tonrangeng.

Baca Juga :   Warga Desa Jojjolo Desak PT Lonsum Perbaiki Jalan di Bontoa

Kelurahan Sumpang Minangae terdapat di belakang pasar Sumpang Minangae, Kelurahan Bumi Harapan di Kampung Mandar, Kelurahan Kampung Baru Depan toko Hj Berjuang, kelurahan Labukkang persimpangan Masjid Labukkang, Kelurahan Ujung Sabbang di Dermaga Cappa Ujung samping pusat karantina, dan kelurahan Wattang Soreang di masjid At -Tauhid Tempat Pelelangan Ikan Cempae.

Selain itu juga tim Geologi Unhas juga mengantisifasi terjadinya tsunami di wilayah Kota Parepare yang kemungkinan terjadi pada beberapa kelurahan, yakni untuk Kelurahan Lumpue ada dua titik, yakni Depan SMKN 1 dan Tonrangeng River Side, untuk Kelurahan Tiro Sompe di Mattirotasi depan Masjid Nurul Yasin.

Lalu Kelurahan Labukkang di depan Pasar Kuliner, dan untuk Wattang Soreang ada dua titik yakni belakang depot Pertamina dan TPI lewat Cempae depan Cafe 99.

Untuk titik evakuasi yang diperkirakan aman, diantaranya Kelurahan Lapadde BTN Hj Latief Tegal dan depan dolog eks rumah potong hewan, Kelurahan Galung Maloang jalan lingkar dan depan brimob serta kantor ketahanan pangan, Kelurahan Lemoe tiga titik Pesantren Al-badar, Lapangan Lemoe dan Lappa Angin Ujung Aspal.

dibaca : 74

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top