ikut bergabung

Dahan Pohon Spathodea Berusia Ratusan Tahun Patah, Timpah Tiga Warga Malino


Dahan pohon Spathodea yang berusia ratusan tahun ini patah dan jatuh melintang di Jl Sultan Hasanuddin, Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggimoncong.

Sulsel

Dahan Pohon Spathodea Berusia Ratusan Tahun Patah, Timpah Tiga Warga Malino

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sebuah pohon besar jenis pohon kembang Spathodea yang sudah tertanam di kota Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa tiba-tiba mengalami patah pada salah satu dahannya. Patahan dahan itu pun ambruk jatuh melintang di atas jalan aspal Jl Sultan Hasanuddin tepat di depan Secata Rindam XIV Hasanuddin Malino.

Patahnya dahan besar pohon yang sudah berusia ratusan tahun itu terjadi sekira pukul 13.35 Wita, Sabtu (4/1/2020).

Akibat jatuhnya patahan dahan Spathodea yang batang dahannya diperkirakan berdiameter sekira 50 Cm itu, tiga warga nyaris tertimpa batang dahan. Untung ketiga warga masing-masing Ana (29) warga Lingkungan Panaikang,  Kelurahan Bontolerung mengalami luka lecet pada lutut kanan, luka lecet pada alis kiri, nyeri pada paha kanan, nyeri pada pundak kanan nyeri pada pada leher, nyeri pada lengan kanan, pusing dan mual.

Baca Juga

Korban lainnya yakni Idul (13) siswa MTs Muhammadiyah Malino  alamat lingkungan Parangmaha, Kelurahan Bontolerung mengalami luka lecet pada lutut kanan dan kaki kanan. Sedang Hasrullah (13) siswa MTs Muhammadiyah Malino, alamat Bontotene, Kelurahan Bontolerung juga mengalami luka lecet pada bagian dada dan luka lecet pada siku kanan. Selain ketiga warga ini, satu unit sepeda motor mengalami rusak akibat tertimpa ranting-ranting dahan.

Ketiga korban yang terkena hempasan daun dan ranting dahan lalu dibawa ke Puskesmas Malino. Sementara dahan pohon tersebut lalu dievakuasi warga bersama personil Polsek Tinggimoncong dan Koramil 1409-04 Tinggimoncong.

Baca Juga :   DLH dan PUPR Diwarning Waspadai Bencana, Adnan: Jangan Tunggu Pohon Tumbang

Camat Tinggomoncong Andry Mauritz yang dikonfirmasi ujungjari.com, Sabtu siang tadi mengatakan kronologis peristiwa patahnya dahan pohon tersebut berawal ketika sekira pukul 13.20 Wita dua korban yakni dua siswa MTs Muhammadiyah Malino, Idul dan Haerullah pulang dari sekolah dan akan kembali kerumahnya. Menyusul di belakang mereka,  korban Ana dari arah pasar juga akan kembali kerumahnya.

Tepat di depan Secata Rindam XIV Hasanuddin di Jl Sultan Hasanuddin itu, pada saat jam menunjukkan pukul 13.35 Wita, tiba- tiba salah satu dahan pohon Spathodea yang mengarah ke jalan raya patah dan jatuh ke bawah. Beruntung ketiga korban berada pada posisi masih dipinggir bukan di tengah posisi jatuhnya dahan. Sehingga mereka hanya terkena hempasan ranting dan daun lalu ikut terjatuh ke aspal.

Dari ketiga korban, Ana yang terbilang mengalami luka parah diantara luka-luka lecet ketiga korban. Sehingga Ana disarankan tim medis puskesmas untuk dirujuk ke RSUD Syekh Yusuf untuk perawatan lanjutan.

dibaca : 48

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top