ikut bergabung

Tim Animal Rescue Maros Evakuasi Ular Piton di Kassi Taroada


Sulsel

Tim Animal Rescue Maros Evakuasi Ular Piton di Kassi Taroada

MAROS, UJUNGJARI.COM — Seekor ular yang memiliki panjang 2,5 meter berhasil dievakuasi Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Maros, Jumat pagi.

Ular jenis piton ini dievakuasi tim animal rescue di sekitar pemukiman warga, di lingkungan Kassi, Kelurahan Taroada, kecamatan Turikale.

Kepala Seksi Operasi Damkar Maros, Sulaeman, mengatakan, evakuasi dilakukan timnya seusai adanya laporan warga. Ular tersebut diketahui warga setelah menyantap ayam ternak milik warga.

Usai menyantap ayam milik warga, ular itu kemudian masuk ke dalam lobang. Untuk mengamankan ular tersebut, setidaknya 12 orang personel Tim Animal Rescue Damkar Maros pun dikerahkan mengevakuasi ular tersebut.

“Kita evakuasi dengan cara menggali tempat yang diduga menjadi tempatnya bersembunyi,” kata Sulaeman

Sementara itu, pelapor Syarifuddin (40) mengatakan, ini merupakan pertama kalinya mereka melihat ular piton tersebut saat membersihkan halaman rumahnya. Ular piton tersebut kata dia, tiba-tiba keluar dari sarangnya.

“Saya langsung hubungi Damkar Maros untuk segera dievakuasi,” ujarnya.

Dihubungi terpisah itu, Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Pertanian kabupaten Maros, Ujistiany menuturkan, fenomena keluarnya ular piton dan memasuki pemukiman warga bisa jadi dikarenakan habitatnya mulai terganggu. Apalagi habitatnya berada di hutan belantara.

“Ini juga mungkin ada kaitannya dengan musim bertelur, bisa juga karena faktor pancaroba, sehingga ular-ular tersebut keluar dari persembunyiannya untuk mencari mangsa,” jelasnya.

Baca Juga :   Bukti Sinergitas TNI-POLRI, Kapolres Sidrap dan Ketua Bhayangkari Hadiri Pisah Sambut Dandim 1420

Sekadar diketahui, hingga Desember tahun ini, Tim Animal Rescue Damkar Maros telah mengevakuasi empat ekor ular, 2 diantaranya berjenis kobra, dan dua lainnya jenis piton.

Saat ini, ular piton sepanjang 2,5 meter itu telah dibawa ke Mako Utama Damkar Maros, di Jl Asoka, Kecamatan Turikale. (Askari)

dibaca : 70



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top