ikut bergabung

Ratusan Petani Kumpul di Barembeng Ikut Musyawarah Appalili


Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat berada di tengah para petani di acara Appalili di Bontonompo.

Sulsel

Ratusan Petani Kumpul di Barembeng Ikut Musyawarah Appalili

GOWA, UJUNGJARI.COM — Musyawarah Appalili yang merupakan tradisi turun temurun dari masa kerajaan hingga saat ini yang menandai masuknya awal musim tanam bagi para kelompok tani kembali dilakukan, Kamis (5/12/2019) siang. Kali ini Appalili dipusatkan di Kecamatan Bontonompo tepatnya di Lapangan Desa Barembeng.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dalam kesempatan rembuk bersama para petani jelang musim tanam mengatakan, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini tuntutan dan kebutuhan petani pun mengalami pergeseran. 

Karenanya Appalili menjadi wadah penyaluran aspirasi melalui musyawarah untuk mencapai mufakat antara petani, pelaku usaha, pemerhati pertanian dan pemerintah dalam menyusun rencana program di tahun-tahun berikutnya. 

Baca Juga

“Dengan adanya musyawarah Appalili ini dapat menghasilkan program pertanian yang betul-betul bermanfaat bagi para petani. Terutama langkah-langkah dalam meningkatkan hasil pertanian di tahun-tahun mendatang,” kata Adnan saat membuka musyawarah Appalili tingkat Kabupaten Gowa tersebut.

Menurutnya, dalam pencapaian yang baik, maka yang perlu dilakukan antara lain meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia dalam hal ini kelompok tani dan penyuluh pertanian, peningkatan produktivitas hasil-hasil pertanian khususnya beberapa komoditas unggulan di Gowa yakni padi, palawija, ubi jalar dan beberapa komoditas holtikultura. 

“Jika hasil pertanian pada komoditas ini meningkat maka akan memberikan kontribusi nilai tambah bagi petani menuju ketersediaan pangan di tahun-tahun mendatang,” kata Adnan.

Baca Juga :   Ketua TP PKK Pinrang Terima Bantuan 12 Box Kuliner Dari Bank Sulselbar

Pemkab Gowa melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura juga secara berkelanjutan telah mendistribusikan bantuan berupa alat-alat pertanian mulai traktor, pompa air, alat tanam, alat panen, dan bibit kepada para kelompok tani. Tak hanya itu, pihaknya juga telah membangun sarana infrastruktur pertanian seperti saluran irigasi, embung, sumur dangkal dan jalan usaha tani. 

” Ini semua kita lakukan agar petani kita bisa lebih sejahtera di masa-masa akan datang dengan tujuan hasil pertanian di Kabupaten Gowa bisa menyuplai kebutuhan komoditas dari tingkat provinsi hingga ke tingkat nasional,” tegasnya. 

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sugeng Priyatno mengatakan, pada musyawarah Appalili yang mengusung tema ‘Meningkatkan Produktivitas, Kualitas dan Kontinuitas Produksi Tanaman Pangan Menuju Pertanian Maju, Mandiri dan Modern’ ini dihadiri sekira 500 petani yang tergabung dalam kelompok tani yang tersebar ratusan desa/kelurahan di Kabupaten Gowa, termasuk para penyuluh pertanian.

dibaca : 51

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top