ikut bergabung

Pemkab Sinjai Akan Bangun Jembatan, Hubungkan Salohe dan Aska


Kondisi sungai yang memisahkan Desa Salohe dan Desa Aska.

Sulsel

Pemkab Sinjai Akan Bangun Jembatan, Hubungkan Salohe dan Aska

SINJAI, UJUNGJARI.COM — Pemerintah Kabupaten Sinjai yang dinakhodai Andi Seto Gadhista Asapa bersama Andi Kartini Ottong memastikan akan membangun jembatan yang menghubungkan dua kampung setelah puluhan tahun terisolir.

Dua kampung tersebut yakni Dusun Bua-bua, Desa Salohe, Kecamatan Sinjai Timur dengan Dusun Jennae, Desa Aska, Kecamatan Sinjai Selatan. Dua kampung ini dalam waktu tidak lama akan disambung dengan pembangunan jembatan.  

Selama ini, warga kedua kampung tersebut menjadikan sungai ini sebagai perlintasan alternatif. Hanya saja kendala terberat yang dirasakan warga setempat karena harus melintasi sungai dengan debit air yang cukup deras ketika musim hujan. Sehingga penting sekali untuk menyiapkan prasarana transportasi berupa jembatan dari pemerintah.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sinjai Nazaruddin Taha mengatakan rencana pemerintah untuk membangun jembatan ruas Pakkita-Kalamisu akan segera dilaksanakan.

”Jika tak ada aral November kita sudah lakukan proses lelangnya. Insha Allah awal 2020 pengerjaannya bisa dimulai,” kata Nazaruddin di ruang kerjanya, Rabu (30/10/2019) kemarin.

Hal yang sama juga dikemukakan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Agus Zainal. Proyek yang memiliki spesifikasi rangka baja itu memiliki panjang 41 meter dan lebar 7 meter. 

“ Kita berharap Januari tahun depan salah satu mega proyek yang akan dikerjakan itu bisa tercapai. Yang pasti harapan pemerintah dengan dibangunnya jembatan ini perekonomian masyarakat bisa lebih meningkat dan akses warga lebih mudah. Semoga dengan total anggaran yang dikucurkan, pembangunan jembatan Pakkita-Kalamisu ini memberikan histori tersendiri bagi warga,” kata Agus Zainal.

Baca Juga :   Profil Samsu Niang: Dulu Tolak Jabatan Kepsek, Kini Jadi Anggota DPR RI

Tak hanya dua kampung tersebut namun data Dinas PUPR Sinjai menyebutkan jika Pemkab Sinjai tidak berhenti sampai disitu saja, namun semakin membuka diri lebih jauh ke pelosok untuk memaksimalkan pembangunan baik itu pembangunan jalan dan jembatan baru.

” Selain pembangunan jembatan Pakkita-Kalamisu Pemkab juga akan membangun lima paket masing-masing pembangunan jembatan Sungai Laboro di Manimpahoi, Sinjai tengah, jembatan ruas Batu Leppa, ruas Barukang III dan Barukang V yang lokasinya berada di kota Sinjai,” tambah Agus Zainal.

Kepala Desa Aska Arifuddin yang dikonfirmasi mengaku bersyukur adanya rencana Pemkab Sinjai untuk membangun infrastruktur  jembatan yang dilakukan Bupati Sinjai. 

” Setidaknya sudah menjawab impian yang diinginkan warga selama ini. Jujur, kasihan warga terlebih anak-anak kalau mau pergi sekolah, kebanyakan yang ingin pergi sekolah ke SMP Tondong harus mutar arah, itupun lewat jembatan gantung yang kondisinya sudah reot juga. Nah, dengan adanya jembatan ini nantinya akses anak-anak ke sekolah dan aktifitas warga apalagi banyak hasil bumi yang harus mereka pasarkan ke kota tidak lagi kesulitan,” kata kades.

dibaca : 44

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top