ikut bergabung

Gowa Bakal Terapkan Uji Kelayakan Ranmor Elektronik


Rizal Peter.

Sulsel

Gowa Bakal Terapkan Uji Kelayakan Ranmor Elektronik

GOWA, UJUNGJARI.COM — Jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gowa segera menerapkan uji berkala kendaraan bermotor secara IT. Sistem ini disebut Blu-e (bukti uji berkala elektronik).

Kabid Lalulintas Dishub Gowa Rizal Peter mengatakan selama ini di Gowa melakukan uji berkala kendaraan bermotor dengan menggunakan sistem manual saja. Karena itu dengan kecanggihan teknologi sekarang maka sistem manual ini akan beralih ke sistem IT.

” Kedepan kita sudah terapkan Blu-e (bukti uji berkala elektronik). Dan kalau ini kita sudah terapkan berarti Gowa yang pertama dan sebagai pioner menerapkan sistem ini,” jelas Rizal.
Dikatakan Rizal, manfaat menggunakan blu-e ini selain rapi dan tertib juga untuk menghindari berbagai penyimpangan penyelewengan. 

” Manfaat lainnya juga ada kontribusi kita kepada negara selama ini hanya untuk PAD sekarang kalau pakai blu- e ini kita tetap masukan PAD selain juga untuk negara,” kata Rizal lagi.

Terpisah, Kadis Perhubungan Gowa Firdaus disela sosialisasi Perda Analisis Dampak Lalulintas, Kamis (24/10/2019) lalu mengatakan banyak keuntungan jika sistem blu-e ini diberlakukan yakni lebih memudahkan kita mendeteksi kendaraan yang sudah layak uji kembali. 

“Harapan kita dengan adanya sistem ini kita akan lakukan pengujian keliling. Tentunya melalui sistem ini kita akan lebih mudah mengetahui di kecamatan mana yang jumlah kendaraannya sudah banyak yang layak uji. Jadi kita bisa mengjangkau daerah lain di luar Gowa dengan membuka blu-e keliling,” kata Firdaus.

Baca Juga :   Besok, KPU Tana Toraja Live Pleno Real Count

Meski belum menerapkan sistem blu-e namun sistem layanan pengujian ranmor yang dilakukan Dishub Gowa yang masih manual ternyata telah mampu meraih predikat Akreditasi C untuk pengujian ranmor 2019 dari Kementrian Perhubungan. (saribulan)

dibaca : 82



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top