ikut bergabung

Bosowa Peduli Gandeng One Sight Periksa Mata 1.000 Murid di Maros


Seremoni penyerahan simbolis kacamata gratis kepada anak-anak peserta baksos pemeriksaan mata.

Sulsel

Bosowa Peduli Gandeng One Sight Periksa Mata 1.000 Murid di Maros

MAROS, UJUNGJARI.COM — Bosowa Peduli bekerjasama dengan organisasi Nirlaba, One Sight, menggelar bakti sosial pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis, Senin (21/10/2019) di gedung Serbaguna Maros, Sulsel. 

Seluruh kacamata yang disediakan pada kegiatan ini disumbangkan oleh Essilor Vision Foundation. Kegiatan yang dibuka Senin (21/10/2019) akan berlangsung  hingga Jumat (25/10/2019) ini akan memeriksa sekitar 1.000 mata anak usia sekolah yang telah menjalani pra skrining mata pada Juli hingga September 2019 lalu. 

Pra Skirining ini dilakukan Bosowa Peduli dengan menggandeng Fakultas Kedokteran Unibos yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Sulsel. Sebanyak 15 mahasiswa Unibos juga turut berpartisipasi sebagai penerjemah dalam kegiatan ini. 

Pengarah kegiatan, Subhan Aksa mengatakan baksos ini bertujuan mendeteksi kondisi penglihatan anak usia sekolah serta dapat membantu sekitar 10.000 murid yang terdeteksi mengalami gangguan serta memberikan kemudahan akses bagi masyarakat dalam memeriksakan matanya.

Baksos tersebut juga bagian dari tanggung jawab sosial Bosowa untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas, khususnya di Kabupaten Maros.

Subhan menambahkan dari data yang dikantongi panitia, 10 persen dari 66 juta anak sekolah di Indonesia menderita kelainan refraksi atau pembiasan. Kondisi ini jika tidak ditangani cepat akan mengakibatkan munculnya lapisan generasi muda yang memiliki kualitas hidup dan intelektual yang rendah. 

“ Gangguan penglihatan tentu akan memberi dampak yang buruk bagi anak dalam kehidupannya, khususnya dalam proses belajar di sekolah dan interaksi sosialnya. Hanya saja minimnya kesadaran dari orangtua akan pentingnya memeriksakan mata anaknya terbilang rendah. Maka dari itu, semoga Bosowa bisa berperan dalam meminimalisir hal tersebut,” kata Subhan.

Baca Juga :   Djusman AR Minta KPK Supervisi Kasus Korupsi Tambang Pasir Laut Takalar

One Sight yang digandeng oleh Bosowa Peduli merupakan organisasi Nirlaba independen yang  menyediakan akses keperawatan mata berkualitas dan kacamata di komunitas yang kurang terlayani di seluruh dunia. 

Didirikan lebih dari 30 tahun yang lalu, One Sight berkantor pusat di Amerika Serikat dan beroperasi di 48 negara dan telah membantu lebih dari 10 juta nyawa. 

Sebagai sponsor global pendiri OneSight, Luxottica memberikan dukungan operasi tahunan, bingkai, dan keterlibatan sekitar 23.000 dokter dan karyawan.

Ketua panitia Mukhsin Alwy mengatakan setiap harinya peserta akan dibagi berkelompok sesuai dengan pembagian sekolahnya. Panitia akan memeriksa 200-an peserta setiap hari. Peserta akan melalui sepuluh tahapan pemeriksaan, hingga pada tahap terakhir akan membawa pulang kacamata gratis sesuai dengan tingkat gangguan mata mereka.

dibaca : 53

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top