ikut bergabung

Home Care dan Home Visit Permudah Layanan Kesehatan Masyarakat Sinjai


Hj Bunga terbaring sakit dan telah mendapatkan perawatan dari tim medis Home Care dan Home Visit Dinkes Sinjai.

Sulsel

Home Care dan Home Visit Permudah Layanan Kesehatan Masyarakat Sinjai

SINJAI, UJUNGJARI.COM — Home Care dan Home Visit adalah salah satu Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai di bidang kesehatan. Terapan program ini pun mendapat apresiasi dari warga.

Rasa teeimakasih warga beralasan sebab  berkat program layanan kesehatan door to door ini, warga pun terfasilitasi.

Seperti dialami Fatmawati warga Jl Panaikang Raya, Dusun Bangko, Desa Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur. Fatmawati merasa sangat terbantu dengan program kesehatan ini.

Fatmawati rupanya memiliki seorang ibu yang sementara sakit dan tidak mampu untuk berjalan meski habya dua langkah. Hj Bunga nama ibi dari Fatmawati. Karena sakit-sakitan dan tidak mampu berjalan sehingga Hj Bunga pun harus mendapat perawatan dari dokter di rumahnya secara rutin (home care). 

” Kami sangat berterima kasih dengan adanya program dari Home Care karena saya tidak perlu lagi membawa ibu saya ke Puskesmas tapi saya hanya menelpon petugas Puskesmas dan mereka yang datang ke rumah. Jadi pihak Puskesmas memberikan pelayanan dari rumah ke rumah,” kata Fatmawati,  Minggu (29/9/2019).

Awalnya Fatmawati menduga bahwa petugas yang datang memeriksa hanya perawat,  namun setelah tiba dirumahnya sekitar lima orang petugas kesehatan yang datang dan bukan hanya perawat namun juga dokter dan tenaga kesehatan lainnya. 

” Saya kira hanya perawat yang datang ternyata ada dokternya ikut. Ini yang membuat kami puas karena dokternya langsung yang melakukan pemeriksaan sehingga kami tidak kuatir lagi jika dirawat di rumah, apalagi tidak ada biaya sama sekali yang kami keluarkan, semoga program ini terus dilanjutkan,” sela Fatmawati.

Baca Juga :   Dishub Gelar Pertemuan Bahas Persoalan Lalu Lintas Wilayah Aglomerasi

Selain memberikan layanan perawatan di rumah, petugas Puskesmas juga memberikan penyuluhan dan edukasi (Home Visit) tentang bagaimana menjaga pola hidup bersih sehingga terbebas dari penyakit. 

Hal yang sama pernah dirasakan warga lainnya bernama Puang Bua (61) warga Dusun Buakang, Desa Panaikang. Menurut Puang Bua,  beberapa waktu lalu kakinya yang sebelah kiri secara tidak sengaja terkena sabetan parang sehingga mengalami luka, dengan bantuan tenaga medis yang datang kerumahnya lukanya ini telah sembuh. 

” Makkesssing kaleni sedding tauwe,  dena nafarellu tauwee lao ri Puskesmas afa nalaoi tauwe nahurai (Sekarang ini pelayanan kesehatan sudah bagus karena pasien tidak perlu lagi ke Puskesmas tapi dia yang datang mengobati,red),” kata Puang Bua dalam bahasa Bugis.

Sebelum mendapatkan layanan perawatan rumahan, Puang Bua seperti dikatakan anaknya Sunarti, dikunjungi petugas kesehatan untuk melakukan pendataan awal dan edukasi. 

dibaca : 45

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top