ikut bergabung

Ratusan Pengawas Sekolah Ikut Bimtek


Sulsel

Ratusan Pengawas Sekolah Ikut Bimtek

MAKASSAR,UJUNGJARI-Seratusan lebih pengawas SD,SMP,SMA dam SMK se Sulsel mengikuti bimbingan teknis pengawas pemetaan mutu pendidikan yang diselengarakan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulsel selama tiga hari, di hotel Gren Wisata Jl.Sultahasanuddin Makassar.

Kepala Bidang Pemetaan Mutu Pendidikan LPMP Sulsel Drs. Syafaruddin, Mpd dihadapan para peserta mengatakan peningkatan mutu pendidikan merupakan komitmen Pemerintah Republik Indonesia yang diterapkan melalui berbagai peraturan perundangan terkait sistem pendidikan nasional.
Ruang lingkup Standar Nasional Pendidikan (SNP) ini meliputi Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan. SNP telah disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.
Semua satuan pendidikan beserta komponen di dalamnya memiliki tanggung jawab dalam peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan. Peningkatan mutu di satuan pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya budaya mutu pada seluruh komponen satuan pendidikan. Untuk peningkatan mutu sekolah secara utuh dibutuhkan pendekatan yang melibatkan seluruh komponen satuan pendidikan untuk bersama-sama memiliki budaya mutu.
Berdasarkan hal tersebut diatas maka LPMP Sulsel mengadakan kegiatan “Bimbingan Teknis Pengawas Pemetaan Mutu Pendidikan Jenjang SD,SMP,SMA dan SMK Angkatan IV” yang dilaksanakan pada tanggal 07s/d 09 September 2019 di LPMP Sulsel.”Sasaran kegiatan ini adalah Pengawas Sekolahberasal dari Kabupaten Maros, Parepare, Sidrap, Toraja dan Takalar.” ujar Syafaruddin.
Disebutkan Syafaruddin kegiatan Bimbingan Teknis Pengawas dimaksudkan untuk memahami materi substansi terkait pemetaan mutu. Melakukan validasi pemetaan mutu melalui aplikasi pemetaan mutu untuk pengawas sekolah dan menggunakn aplikasi pemetaan mutu, aplikasi supervisi mutu,aplikasi manajen pemetaan mutu dan aplikasi RKAS.”Peserta bintek diharap mampu memahami materi terkait pemetaan mutu,” jelas Syafaruddin.

Disebutkan dia, Pengumpulan Data Pemetaan Mutu Pendidikan bertujuan untuk memberikan informasi tentang penjaminan mutu pendidikan sekolah terkait dengan pelaksanaan Pemetaan Mutu Pendidikan.
Dengan demikian diharapkan kepada peserta untuk dapat meningkatkan perannya dalam melaksanakan proses penyelenggaraan pengumpulan data penjaminan mutu pendidikan sesuai standar mutu dan aturan yang telah ditentukan.(Askari)

Baca Juga :   Puluhan Remaja Tator Antusias Ikut Pelatihan Barista dan Menjahit

dibaca : 34



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top