ikut bergabung

Gandeng Kemenpar RI, Amran Genjot Pengembangan Destinasi Pariwisata Luwu


Sulsel

Gandeng Kemenpar RI, Amran Genjot Pengembangan Destinasi Pariwisata Luwu

LUWU, UJUNGJARI.COM — Anggota DPR RI Komisi Fraksi PAN Amran SE terus mengenjot pengembangan destinasi wisata kearifan lokal Luwu. Bahkan Amran SE gencar menggelar sosialisasi bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata RI.

Saat membuka acara sosialisasi
pengembanga destinasi Pariwisata Kabupaten Luwu, Amran menuturkan sebagai masyarakat Luwu dirinya berharap terus menjaga nilai budaya yang ada di kabupaten Luwu.

“Jangan terbawa arus dengan budaya dari luar yang di bawa para wisatawan,” kata Amran, Selasa (30/7/2019).

Dikatakannya, sosialisasi pengembangan destinasi wisata Luwu ini fokus mengedepankan kearifan lokal dan digelar selama tiga hari.

“Jadi hari ini, soal sosialisasi sektor destinasi, kemudian besok pemasaran,” papar Amran.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Luwu Zainal Said menuturkan hampir setahun Dinas Pariwisata bermimpi.

“Sejak saya kadis Pariwisata kita komitmen mengembangkan potensi wisata. Nah tahun 2020 akan ada perubahan soal pariwisata di Luwu,” kata Zainal Said.

Menurutnya, Luwu punya potensi objek wisata, misalnya di wilayah pesisir terkait wisata mangrove, agro dan eko wisata. Ada wisata dalam kota, semua destinasi wisata ini akan kita genjot pada tahun 2020.

“Luwu ini memang belum menjadi daerah tujuan wisata, bahkan catatan wisata nasional hanya ada Tator. Luwu belum dijadikan daerah transit wisata, namun akan dikoneksikan pada tahun 2020 untuk bagaimana para wisatawan ini singgah dan bermalam di Luwu sebelum lanjut ke daerah lainnya,”
papar Zainal Said.

Baca Juga :   Program RKT PY2 USAID IWUASH Tangguh di Barru Miliki Empat Sasaran

Kabid Destinasi Area Tiga Kemenper RI Agus Suprihartono selaku nara sumber sosialisasi pengembangan destinasi Pariwisata Luwu menuturkan
pariwsata andalan PAD ke dua stelah sektor pertanian.

“Di Indonesia saat ini bukan saja terfokus pada wisata Bali yang di lirik wisatan, akan tetapi sudah bergeser ke tujuan wisata seperti pantai Mandalika di Lombok, wisata danau toba dan kawasan wisata kota Makassar,”
ujarnya.

“Kemenpar RI berharap di Luwu misalnya puncak gunung Latimojong, termasuk festival keraton bisa di kembangkan sebagai objek wisata andalan,” tuturnya.

Di tambahkannya bahwa syarat destinasi itu bisa saja area wisatanya disatu kabupaten, bisa pula gabung dua kabupaten. Ada atraksi ada akses dan daya tarik.

“Jadi ada wisata alam, budaya dan wisata buatan yang bisa di kembangkan dan harus menjadi target wisatawan nusantara maupun wisatawan manca negara,” tandas Agus.

Sosialisasi pengembangan destinasi Pariwisata Luwu ini dipelopori Anggota DPR RI Fraksi PAN Amran SE diikuti berbagai elemen masyarakat Luwu, kalangan jurnalis dan beberapa praktisi kepariwisataan.

dibaca : 80

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top