ikut bergabung

Makam Sultan Hasanuddin Bakal Jadi Destinasi Wisata Ziarah Nasional


Sulsel

Makam Sultan Hasanuddin Bakal Jadi Destinasi Wisata Ziarah Nasional

 

GOWA, UJUNGJARI — Menteri Sosial (Mensos) RI Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan makam Sultan Hasanuddin yang telah selesai direvitalisasi. Peresmian itu dilakukan Mensos Agua didampingi Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni dan Forkopimda Gowa serta perwakilan keluarga Raja-raja Gowa di kompleks Makam Sultan Hasanuddin di Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Selasa (16/7/2019) siang.

Mensos RI Agus Gumiwang Kartasasmita dalam kesempatan itu mengatakan kunjungannya ke Kabupaten Gowa pada hari ini salah satunya untuk meninjau program rehabilitasi dan revitalisasi dari makam pahlawan Sultan Hasanuddin sekaligus meresmikan penggunaannya.

“Tujuan kami untuk merehabilitasi dan merevitalisasi tentu selain sebagai bentuk dari penghargaan Pemerintah Pusat terhadap perjuangan yang sudah dilakukan Sultan Hasanuddin dan keluarganya dalam merebut kemerdekaan, juga untuk memberikan edukasi atau pendidikan kepada generasi penerus generasi muda terhadap nilai-nilai kepahlawanan, nilai-nilai dari kesetiawanan sosial. Dan yang tak kalah pentingnya agar taman makam pahlawan ini bisa dijadikan objek wisata untuk Kabupaten Gowa maupun Sulawesi Selatan. Kami
juga berterima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Gowa yang juga ikut dalam mengalokasikan anggaran untuk merehabilitasi dan merevitalisasi taman makam pahlawan Sultan Hasanuddin ini. Ini sebuah contoh yang sangat baik yang perlu ditiru dilakukan juga oleh kabupaten kota lainnya yang ada di Indonesia untuk mereka memberikan perhatian terhadap taman makam pahlawan yang ada di daerah masing-masing,” tambah Mensos.

Baca Juga :   Ternak Lebah Tanpa Sengat Bakal Dikembangkan di Sidrap, Bupati Sudah Ambil Langkah Ini

Revitalisasi makam Sultan Hasanuddin yang menelan anggaran 4,5 miliar masing-masing Rp 2 miliar bersumber dari APBN dan Rp 2,5 miliar lagi dialokasi dari APBD Gowa.

Seperti disampaikan Dirjen Pemberdayaan Sosial Pepen Nazaruddin, pada 2018 lalu melalui alokasi dana APBN, Kementerian Sosial melakukan pembangunan/rehabilitasi Makam Pahlawan Nasional (MPN) Sultan Hasanuddin di Kabupaten Gowa sebagai langkah awal pembentukan destinasi ziarah wisata pada MPN.

“Hal ini dilakukan dalam rangka menghargai jasa para pahlawan nasional, maka Kemensos ingin mengembangkan MPN – MPN yang ada di Indonesia untuk dijadikan destinasi ziarah wisata nasional, sehingga MPN tersebut selain mempunyai fungsi layanan ziarah juga mempunyai fungsi layanan study dan rekreasi/wisata,” jelas Pepen.

dibaca : 66

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top