ikut bergabung

Rektor UNM Sebut Sistem Zonasi Belum Pantas Diterapkan


Berita

Rektor UNM Sebut Sistem Zonasi Belum Pantas Diterapkan

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Rektor Universitas Negeri Makassar Prof. Husain Syam dalam dialog pendidikan yang digelar Badan Koordinasi Nasional Lembaga Pendidikan Mahasiswa Islam (Lapenmi) PB HMI menyebut sistem penerimaan siswa berbasis zonasi belum tepat diterapkan.

“Sistem zonasi belum tepat untuk diterapkan di Indonesia, sebab sistem pendidikan saat ini belum merata untuk semua. Mestinya saat ini tetap dilaksanakan seleksi masuk berbasis jalur prestasi bukan zonasi,” kata Husain Syam, Senin (8/7/2019).

Husain sangat menyayangkan adanya penerapan sistem zonasi di Indonesia saat ini. Karena menurutnya kebijakan ini sangat tidak pas bagi pelajar yang memiliki prestasi.

Baca Juga

“Sebaiknya tetap diberi ruang yang besar bagi pelajar berprestasi yang akan masuk ke sekolah favoritnya,” lanjut guru besar bidang pertanian ini.

Mantan dekan FT UNM dua periode ini menyebut, penerapan sistem zonasi tidak bisa dipertanggung jawabkan secara akademik. Karena tidak ada argumentasi yang muncul saat pendafataran.

“Tapi kalau menggunakan zonasi sebagai ruang afirmasi itu boleh dilaksanakan. Khususnya bagi putera-puteri bangsa yang tidak mampu bersaing secara kualitas pendidikan,” tambah Husain.

Diketahui, sistem zonasi tidak menekankan pada nilai dari calon peserta didik, namun pada jarak atau radius antara rumah siswa dengan sekolah.

Siswa yang rumahnya paling dekat dengan sekolah itulah yang dirasa memiliki hak untuk menjadi peserta didik dari sekolah tersebut.

Baca Juga :   Warga Macanda  Blokade Jalan Tolak Pemakaman Mayat Covid-19, Empat Provokator Diamankan

Sistem ini merupakan bentuk penyesuaian kebijakan dari sistem rayonisasi.

Dengan menerapkan sistem ini diharapkan anak-anak yang memiliki kecerdasan yang cukup tidak hanya berkumpul di satu sekolah saja.

Sehingga pemerataan pendidikan dapat dilakukan dan menghilangkan paham-paham sekolah favorit dan sekolah buangan. (rls)

dibaca : 44



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top