ikut bergabung

Perangi Sampah, Pemkab Gowa Canangkan MWRP


Sulsel

Perangi Sampah, Pemkab Gowa Canangkan MWRP

Sebagai langkah awal pihaknya telah membentuk motivator lingkungan yang nantinya akan bergerak membantu masyarakat. Para motivator ini pula akan turun langsung ke masyarakat untuk menciptakan fasilitator-fasilitator lingkungan di setiap lingkungan hingga kader lingkungan untuk membantu pengelolaan limbah sampah ke hilir.

Pihaknya mengaku, sejak kepemimpinan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni semakin menggenjot pengelolaan limbah sampah. Bahkan saat ini sudah menuju gerakan mewujudkan lingkungan yang baik sesuai perbup tentang strategi kebijakan pemerintah terkait pengelolaan sampah rumah tangga dan sejenisnya.

“Selain masyarakat kita juga butuh dukungan penuh dari berbagai pihak mulai dari NGO, LSM dan lainnya sehingga perjalanan program ini dapat berkelanjutan,” terangnya.

Hal lainnya yang perlu didorong dalam memaksimalkan pengelolaan limbah sampah ini yaitu membentuk UPTD Bank Sampah Pusat. Karena salah satu syarat untuk meraih Adipura yaitu bagaimana pengelolaan limbah sampah itu sudah dilakukan oleh UPTD yang sesuai dengan aturan Kementerian Lingkungan Hidup.

“Allhamdulilah Kabupaten Gowa saat ini menjadi kabupaten pertama yang akan menuju UPTD Bank Sampah. Kita berharap ini bisa terlaksana dengan baik,” harapnya.

Sementara itu Direktur Eksekutif Transformasi Nazla Mariza berharap dengan adanya project tersebut maka kedepan terjadi pengurangan sampah yang signifikan.

Sebagai langkah awal pihaknya akan membangun 50 titik bank sampah sampah di Kecamatan Somba Opu sebagai percontohan. Dan diharapkannya kedepannya akan dapat mencakup seluruh Kabupaten Gowa.

Baca Juga :   20 Perawat Tangani Santri Positif Covid-19 Kini Juga Dikarantina

“Kita harapkan ini bisa ditingkatkan pada skala lebih luas ke tingkat kabupaten sehingga terjadi pengurangan sampah utamanya sampah yang tidak dapat didaur,” kata Nazla. (saribulan)

dibaca : 78

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top