ikut bergabung

Perangi Sampah, Pemkab Gowa Canangkan MWRP


Sulsel

Perangi Sampah, Pemkab Gowa Canangkan MWRP

GOWA, UJUNGJARI — Sebagai komitmen bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan di wilayah Kabupaten Gowa, Pemkab Gowa melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) siap memperkuat kapasitas dan koordinasi pemerintah daerah dalam manajemen pengelolaan sampah atau Sobat. Hal ini digulirkan dengan dicanangkannya Municipal Waste Recycling Project (MWRP) pada Kick off Program MWRP di car free day di Jalan Tumanurung, Sungguminasa, Minggu (23/6/2019) pagi tadi.

Pencanangan tersebut dilakukan Pemkab Gowa diwakili Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa Muchlis didampingi seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa dan ditandai penandatanganan komitmen bersama.

Menurut Muchlis program tersebut adalah langkah yang tepat untuk dilakukan sebagai komitmen dalam membangun lingkungan bersih, hijau dan sehat. Dirinya pun menyampaikan terimakasih kepada Yayasan Pusat Transformasi atas komitmen tersebut yang telah memilih Kabupaten Gowa sebagai satu-satunya daerah di Indonesia timur yang mencanangkan program tersebut.

“Ini akan mencatatkan sejarah baru bagi Kabupaten Gowa. Kita dan seluruh unsur hingga ke lapisan bawah siap mewujudkan pengurangan sampah termasuk sampah plastik,” kata sekkab.

Program ini juga sangat mendukung peraturan pemerintah daerah di bidang pengelolaan sampah yang terhimpun dalam Kebijakan dan Strategi Daerah (Jakstrada) tentang pengelolaan sampah rumah tangga.

Kata Muchlis, Pemkab telah membangun beberapa Tempat Pengelolaan Sampah Reuse-Reduce-Recycle atau TPS 3R, untuk memfasilitasi kerja masyarakat yang telah peduli dalam memilah sampah harian mereka.

Baca Juga :   Ditinggal Istri, Suami Nekat Gantung Diri

“Program ini telah kita lakukan dalam dua tahun terakhir. Pemerintah desa pun sudah menyiapkan APBDes-nya untuk ini,” tambah Muchlis.

Ia pun berharap program ini juga dapat bersinergi dengan program lainnya semisal Kota Tanpa Kumuh (KotaKu), Gerakan Ayo Gowa Bersih melalui sabtu bersih, Gowa menuju Desa Sehat hingga, Program Kesehatan Lingkungan yang dilakukan Dinas Kesehatan Gowa dan kegiatan peduli lingkungan di seluruh kelurahan.

“Kita harap dua tahun kedepan pemilihan sampah rumah tangga sudah semakin baik sehingga sampah atau limbah yang diangkut ke TPA sudah semakin berkurang. Begitu pun kehadiran UPTD Bank Sampah segera harus diwujudkan,” tambahnya.

Direktur Eksekutif Yayasan Peduli Negeri (YPN) Saharuddin Ridwan mengungkapkan, YPN sebagai penanggung jawab program tersebut siap mengawal bersama pemerintah daerah selama dua tahun kedepan. Sasaran program MWRP ini adalah bagaimana mengubah mindset masyarakat untuk menjaga lingkungan melalui pengelolaan sampah dengan baik.

dibaca : 77

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top