ikut bergabung

Puskesmas Kalaena Galakkan Program LANSIA SMART


Sulsel

Puskesmas Kalaena Galakkan Program LANSIA SMART

LUTIM, UJUNGJARI.COM — Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 25 tahum  2016 tentang aksi Nasional Kesehatan Lansia, mewajibkan Puskesmas di seluruh Indonesia berperan aktif melaksanakan kegiatan kesehatan peduli lansia.

Menindaklanjuti hal tersebut, maka  Puskesmas Kalaena di Kecamatan Kalaena, Kabupaten Luwu Timur, dibawah pimpinan drg. Ernawati, selaku Kepala Puskesmas Kalaena, saat ini gencar melaksanakan berbagai kegiatan yang sifatnya Promotif, Preventif, Kuratif  dan Rehabilitatif, yang diberi nama LANSIA SMART.

LANSIA MART singkatan dari Lanjut Usia, Sehat, Mandiri dan Produktif.

Baca Juga

Saat ini program Lansia Smart berjalan cukup baik dengan beberapa kegiatan yang dilaksanakan, antara lain ; Posyandu Lansia dilaksanakan setiap Bulan di semua desa yang ada di kecamatan kalaena.

Kegiatan selanjutnya edukasi lansia yang bertujuan memberikan informasi dan pengetahuan agar Lansia tetap memperhatikan kesehatan.

Kegiatan berikutnya adalah SKRINING LANSIA, meliputi  pemeriksaan sekali setahun yaitu pemeriksaan gula darah,  kolesterol dan asam urat, dengan sasaran utamanya adalah semua lansia yang berada di wilayah kerja Puskesmas Kalaena.

Selain itu ada kunjungan tumah lansia yang beresiko. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan menindaklanjuti laporan dari bidan desa, kader, pemerintah desa dan sektor terkait melaui group WA.

Selanjutnya adalah GERMAS yang melibatkan lansia dalam Kegiatan GERMAS yang rutin dilakukan setiap secara Bergilir disetiap desa.

Untuk pelayanan klinis bagi lansia, tersedia ruang khusus pelayanan lansia di Puskesmas Kalaena.

Baca Juga :   Pembukaan MTQ ke XXXIII Dipusatkan di Lapangan Haji Makkatang Daeng Sibali

Ini disediakan agar mempermudah akses agar lansia mendapat kemudahan dalam pemeriksaan kesehatan, yakni  menyiapkan tempat duduk khusus bagi lansia saat menunggu pemeriksaan.

Terakhir adalah senam lansia, yang dilakukan setiap hari sabtu di Puskesmas dilanjutkan pemeriksaan kepada lansia yang beresiko menderita penyakit antara lain, Hipertensi,  Diabetes, Kolesterol dan Stroke.

Kepala Puskesmas Kalaena, drg. Ernawati didampingi pengelola program lansia, Indrayani, mengungkapkan bahwa program ini mendapat respon yang luar biasa dari para lansia.

Itu dilihat dari antusiasnya mereka dalam setiap kegiatan kesehatan lansia. Selain itu, para lansia juga sangat mandiri dan memiliki inisiatif sendiri untuk melakukan kegiatan diluar jadwal yang ada untuk menjaga kesehatan mereka.  (yul)

dibaca : 46



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top