ikut bergabung

Dirjen Perkebunan Kementan RI Tinjau Aktivitas PT MARS Lutim


Sulsel

Dirjen Perkebunan Kementan RI Tinjau Aktivitas PT MARS Lutim

LUTIM, UJUNGJARI.COM — Dirjen Perkebunan Kementan RI, Kasdi Subagyono, beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke PT. Mars Cocoa Researh Centre (MCDC) Tarengge Kecamatan Wotu,  Kabupaten  Luwu Timur, Jumat (17/5/2019).

Rombongan Dirjenbun RI tiba di PT. Mars dan disambut oleh manajemen PT.MARS antara lain;  Choo Fay Fay – Asia Cocoa Director, Arie Nauvel Iskandar – Corporate Affairs Director dan Ardy Yanto Husny – Commercial Director Mohd. Hussin bin Purung – MCRC Manager.

Kunjungan Dirjen Perkebunan beserta rombongan ini untuk menyaksikan langsung aktivitas PT. MARS dalam pengelolaan dan pengembangan komoditi kakao, sebagai salah satu komoditi perkebunan yang strategis, mengingat komoditi ini telah mengalami degradasi baik dari segi luas lahan maupun kuantitas dan kualitas produksi.

Sebagai komoditi ekspor terbesar kedua setelah kelapa sawit, kakao telah menarik perhatian berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta untuk  mengembalikan kejayaannya seperti era krisis ekonomi tahun 1990-an silam.

Salah satu upaya pemerintah melalui Ditjenbun Kementerian Pertanian  sejak beberapa tahun terakhir adalah melakukan pencanangan program rehabilitasi dan intensifikasi tanaman kakao.

Khusus di Kabupaten Luwu Timur sejak tahun 2017 juga telah memprogramkan  rehabilitasi tanaman kakao melalui pemberian bantuan bibit sambung pucuk dengan target 5.000 Ha hingga tahun 2021 mendatang sesuai renstra.

Selain mengunjungi PT.MARS, Dirjen Perkebunan Kementan RI bersama rombongan juga  melihat beberapa lokasi penangkaran bibit kakao yang dilakukan oleh petani binaan di Desa Asana.

Baca Juga :   Prestasi IAS Menonjol, Khaer Syurkati: Paling Pantas Pimpin Sulsel

Pada kesempatan itu, Dirjenbun berharap kebutuhan bibit kakao dalam program rehabilitasi kebun dapat dipenuhi dari para penangkar lokal karena bibit yang  dihasilkan cukup berkualitas.

Turut mendampingi Dirjenbun RI, Kadis Perkebunan Provinsi Sulsel A. Parenrengi, Kadis Pertanian Luwu Timur Muharif, dan Kabid Perkebunan, Muhtar.  (Yul)

dibaca : 66



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top