ikut bergabung

Koperindag Jamin Stok Kebutuhan Pokok Aman


Sulsel

Koperindag Jamin Stok Kebutuhan Pokok Aman

MAROS, UJUNGJARI.COM — Memasuki bulan suci ramadan, Dinas Koperasi UKM Perdagangan (Kopumdag) dan Dinas Pertanian Maros memantau ketersediaan harga bahan pokok di pasar rakyat Buttasalewangang, Kamis siang tadi.

Berdasarkan pantauan tersebut, beberapa kebutuhan pokok mengalami peningkatan harga, dan permintaan.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Kopumdag Maros Nasruddin mengatakan, sejauh ini memang ada beberapa kenaikan harga, namun tidak signifikan.

Dia menyebut, harga-harga kebutuhan pokok masih stabil karena masih didukung bahan stok pangan yg cukup tersedia.

Nasaruddin mengatakan, kenaikan harga tersebut masih diambang batas kenaikan. Terkait stok kebutuhan selama ramadan, Koperindag menjamin stok kebutuhan pokok aman.

Pihaknya mengaku untuk kenaikan harga relatif stabil lantaran Maros yang berdekatan dengan Makassar.

“Ada beberapa kenaikan harga, tapi tidak terlalu mencolok. Ada juga beberapa bahan pokok yang harganya turun, seperti bawang merah,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, upaya pemerintah sudah memantau setiap saat harga-harga dan melakukan koordinasi bersama dengan instansi yang terkait untuk mengendalikan harga di lapangan.

Dia berharap kondisi ini bisa bertahan sampai lebaran mendatang agar masyarakat tidak terlalu diberatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Muhammad Nurdin mengatakan, dari pihaknya turut melakukan sidak untuk harga daging, ayam potong, dan beras.

Tak hanya soal harga, Dinas Pertanian melalui UPTD Kesehatan Hewan juga memeriksa kualitas daging yang dijual di pasaran.

Baca Juga :   Puluhan Tenaga Perencana Dilatih Jadi Fasilitator Pengarusutamaan Gender

Saat sidak, pihak UPTD tidak mendapati daging yang dijual dalam kondisi rusak.

Sementara itu, salah seorang pedagang daging, Adnan menuturkan, dua pekan sebelum ramadan, harga daging mengalami kenaikan sekitar Rp5.000. Sebelumnya, harga daging berkisar Rp85 ribu perkilo.

Dia mengakui, menjelang ramadan ini, ada kenaikan jumlah penjualan daging.

Selama ini kata Adnan, dia hanya menyediakan sekitar 20 kg perhari. Tapi selama menjelang ramadan, dia bisa menjual sampai 50 kg perhari.

“Ada kenaikan sekitar Rp5.000/kg selama dua pekan ini. Tapi sepertinya akan kembali naik, dalam beberapa hari ke depan. Karena memang kebutuhan masyarakat juga meningkat,” pungkasnya. (Askari)

dibaca : 28



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top