ikut bergabung

Simulasi Vertical Rescue, BPBD Gowa akan Libatkan Pelajar


Sulsel

Simulasi Vertical Rescue, BPBD Gowa akan Libatkan Pelajar

GOWA, UJUNGJARI.COM — Jelang Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019, Pemkab Gowa melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa akan menggelar simulasi vertical rescue, Jumat (26/4/2019).

Simulasi bertema ‘Siap untuk Selamat, Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita’ ini menurut Kepala BPBD Gowa Ikhsan Parawansa saat memimpin rapat persiapan, kegiatan ini menindaklanjuti surat edaran pusat untuk melaksanakan latihan sehari kesiapsiagaan bencana.

“Kita menindaklanjuti surat edaran dari pusat untuk meluangkan satu hari melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak pada 26 April, dan kita sendiri akan melakukan simulasi vertical rescue atau penyelamatan dari gedung tinggi menggunakan tali,” kata Ikhsan di kantornya, Selasa (23/4/2019) siang.

Ikhsan menjelaskan, pelaksanaan vertical rescue tersebut akan melibatkan berbagai pihak yang berpengalaman yakni dari SAR, PMI, TNI/Polri, Damkar dan tenaga profesional lainnya.

“Pastinya yang melakukan ini semua adalah orang yang terlatih, dan untuk mengantispasi hal yang tidak diinginkanpun kita sudah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Syekh Yusuf,” tambahnya.

Menurut Ikhsan, untuk menyambut peringatan kesiapsiagaan bencana ini, pihaknya telah melaksanakan diklat simulasi water rescue 3 April lalu diikuti 40 orang potensi SAR Gowa.

Tak hanya itu, dirinya juga telah mengimbau melalui surat edaran ke sekolah-sekolah untuk turut melaksanakan latihan sederhana terkait kebencanaan.

“Kita juga sudah menyurat ke Dinas Pendidikan untuk mengedarkan surat ini ke sekolah-sekolah, agar ikut melaksanakan simulasi bencana di sekolah masing-masing,” jelas Ikhsan.

Baca Juga :   Adnan Yakin Gowa Bisa Top 10 Inovasi Pelayanan Publik

Olehnya dirinya berharap dengan dilaksanakannya rapat ini, semua pihak bisa bekerjasama dalam mensuksekan hari kesiapsiagaan bencana.

Turut hadir dalam rapat persiapan, Perwakilan TNI/Polri, Perwakilan Bappeda, Perwakilan RSUD Syekh Yusuf, Dinas Kesehatan, PMI, Damkar, dan Satpol PP. (saribulan)

dibaca : 29



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top