ikut bergabung

Bawaslu Bulukumba Gelar Apel Siaga Patroli Pengawasan Pemilu


Sulsel

Bawaslu Bulukumba Gelar Apel Siaga Patroli Pengawasan Pemilu

BULUKUMBA, UJUNGJARI.COM — Jelang berakhirnya masa kampanye Pemilu 2019 sekaligus memasuki masa tenang pada tanggal 14 April mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba menggelar Apel Siaga Patroli Pengawasan Anti Politik Uang, di Lapangan Pemuda, Jumat (12/4/2019).

Selaku pembina Apel, Ketua Bawaslu Kabupaten Bulukumba, Ambo Radde Djunaid, membacakan sambutan seragam Ketua Bawaslu Republik Indonesia.

Sekitar seribu lebih peserta Apel memadati Lapangan Pemuda. Peserta tersebut terdiri dari Panwas Kecamatan 30 orang, Panwas Desa/Kelurahan 136 orang serta para Pengawas TPS berjumlah 1.244 orang, serta dari unsur TNI dan Polri.

Usai Apel, Bupati AM Sukri Sappewali menyampaikan sambutan dan pengarahan kepada para jajaran Bawaslu, termasuk kepada para perwakilan partai politik peserta pemilu yang hadir di tribun lapangan Pemuda.

Bupati AM Sukri Sappewali mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya Apel Siaga tersebut sebagai upaya membangun sinergi antara semua pihak dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2019, dengan aman, lancar, dan damai serta taat pada regulasi yang ada.

Berdasarkan pengalaman pemilu-pemilu sebelumnya, kata AM Sukri Sappewali justru pada masa tenang inilah para kandidat atau peserta pemilu tidak bisa tenang.

Di sinilah peran jajaran Bawaslu untuk mengawasi pergerakan para peserta pemilu, sehingga di masa tenang tersebut tidak terjadi pelanggaran yang mencederai kualitas pemilu seperti politik uang.

Baca Juga :   Bertawakkal pada Sang Pencipta, Personil Polres Sidrap Selalu Gelar Binrohtal Yasinan

“Jajaran Bawaslu harus siap menangkap pelaku money politics, yang biasanya beredar pada masa tenang,” tantang AM Sukri Sappewali di hadapan peserta Apel.

Dikatakannya, suksesnya pemilu tidak terlepas dari kerjasama pelaksana pemilu dan pengawas pemilu. Dirinya meminta pengawas pemilu untuk bekerja maksimal untuk mencegah terjadinya praktek-praktek pelanggaran pemilu.

Harus bekerja dengan jujur, disiplin, dan profesional, meski tidak menutup kemungkinan diantara para pengawas pemilu ini ada yang memiliki saudara atau keluarganya ikut menjadi calon anggota legislatif.

“Saya mendukung patroli Bawaslu ini, sehingga para pengedar atau yang berniat melakukan money politics akan ciut nyalinya,” ungkapnya.

Turut hadir pada Apel Siaga tersebut, Kapolres Bulukumba AKBP Syamsu Ridwan dan Kepala Kesbangpol Akhmad Arfan. (rls)

dibaca : 39



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top