ikut bergabung

PPL Diharap Bisa Identifikasi Temuan Pelanggaran Pemilu


Sulsel

PPL Diharap Bisa Identifikasi Temuan Pelanggaran Pemilu

 

GOWA, UJUNGJARI– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa menggelar pelatihan bagi Panitia Pengawas Lapangan (PPL) se Gowa. Pelatihan yang dimotori Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) ini berlangsung dua hari mulai Jumat (29/3/2019) di hotel Swiss Bell Inn Panakukang, Makassar.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa Juanto disela sambutannya pada pembukaan pelatihan ini mengatakan kegiatan penguatan SDM ini dilakukan agar tugas PPL yang merupakan ujung tombak dari pengawasan dapat dilaksanakan maksimal.

Dia juga mengatakan, kegiatan ini dihelat mengingat tugas PPL yang berada di tingkat kelurahan dan desa sangatlah tidak ringan serta pelaksanaan pemilu yang semakin dekat, sehingga perlu penguatan sumber daya manusia.

“Jadi para PPL ini diberi pelatihan sekaligus memberi pemahaman tentang pengawasan dan pencegahan serta bisa mengindetifikasi temuan-temuan yang diindikasikan sebagai pelanggaran dalam proses pemilihan serentak April 2019 mendatang. Pelatihan ini sangat berguna untuk teman-teman PPL, supaya bisa lebih memahami maksud dari sistem pengawasan, pencegahan dan tingkat PPL bisa mengidentifikasi temuan-temuan yang berindikasi sebagai pelanggaran,” jelas Koordinator Devisi Pengawasan dan Hubungan Lembaga ini.

Sementara itu, Ketua Komisioner Bawaslu Gowa Samsuar Saleh dalam materinya menyampaikan agar seluruh PPL satu persepsi mengenai sistem pengawasan, serta memahami aturan aturan dan hal yang terkait.

“Sehingga jika terjadi pelanggaran bisa dilakukan penindakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena itu para PPL agar satu persepsi sehingga tidak keliru mengenai sistem pengawasan ataupun pelanggaran dan sistem penindakan yang termuat dalam undang-undang sebagai landasan kita melakukan pekerjaan pengawasan ini bisa dijalankan dengan baik,” jelas Samsuar Saleh. (saribulan)

Baca Juga :   Presiden Terima Elit PKPI di Istana Negara

dibaca : 34



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top