ikut bergabung

Ini Alasan Adnan Satukan Kantor Damkar dan BPBD


Sulsel

Ini Alasan Adnan Satukan Kantor Damkar dan BPBD

 

 

GOWA, UJUNGJARI.COM — Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Gowa kini miliki kantor refresentatif. Kedua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Gowa ini disatukan dalam sebuah kantor yang baru diresmikan penggunaannya oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Senin (11/3/2019) kemarin.

Kantor baru Damkar dan BPBD Gowa ini terletak di tengah kota tepatnya di kawasan taman Sultan Hasanuddin di Jl Tumanurung, Kelurahan Sungguminasa, Kabupaten Gowa.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan didampingi Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni pun telah menandatangani prasasti peresmian gedung baru tersebut dengan menggunting rantai besi sebagai tanda peresmian yang terkesan unik.

Dalam kesempatan itu Adnan mengatakan digabungnya dua SKPD dalam satu kantor ini karena dua dinas tersebut merupakan ujung tombak penanggulangan bencana.

“Jadi dalam pikiran saya kedua dinas ini harus saling berdekatan karena kedua dinas ini perlu saling berkoordinasi. Jika kedua dinas tersebut berjauhan tentu koordinasinya membutuhkan waktu. Olehnya, saat keduanya digabungkan maka ketika ada bencana kedua dinas ini dapat dengan cepat melakukan penyelamatan,” jelas Adnan.

Dikatakan bupati, awalnya gedung tersebut rencananya ditempatkan di Jl Andi Mallombassang, tapi karena lahannya belum jelas maka Pemkab memutuskan ditempatkan di Jl Tumanurung.

“Jadi perencanaan awal kantor Damkar dan BPBD tidak disini, seharusnya berada di Jl Andi Mallombassang, tapi karena lahannya belum jelas makanya saya pindahkan. Ini juga ada hikmahnya melihat lokasinya yang masih sangat luas sehingga sangat lapang jika suatu waktu ada penambahan armada Damkar atau armada untuk penanggulangan bencana,” kata bupati.

Baca Juga :   11 Kepala Daerah Resmi Dilantik

Adnan pun berharap dengan adanya kantor baru yang lebih refresentatif ini jajaram Dinas Damkar dan BPBD mampu menumbuhkan semangat baru dalam bekerja.

“Suasana baru inilah yang perlu disyukuri dan menjadi sebuah motivasi kerja yang tentunya bisa lebih semangat lagi dalam rangka menjalankan tugas dan fungsinya (tupoksi), dengan harapan kinerjanya bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dalam melakukan berbagai penanganan bencana di masyarakat,” harap Adnan.

Rasa syukur pun dirasakan
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Gowa, Rostam Razak dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gowa, Ikhsan Parawansah dengan dibangunnya gedung baru tersebut.

“Dengan ditempatinya gedung baru hari ini semakin menambah motivasi kami beserta jajaran Dinas Pemadam Kebakaran dan jajaran BPBD dalam meningkatkan kinerja yang lebih baik dimasa-masa akan datang,” katanya Rostam Razak Kadis Damkar bersama Kepala BPBD Ikhsan Parawansah. (saribulan)

dibaca : 134



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top