ikut bergabung

BPBD Gowa Gandeng Mahasiswa Bersihkan Bantaran Sungai Jeneberang


Sulsel

BPBD Gowa Gandeng Mahasiswa Bersihkan Bantaran Sungai Jeneberang

 

GOWA, UJUNGJARI — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa menggelar sekolah sungai. Sekolah sungai ini dilakukan dalam rangka melestarikan lingkungan sungai khususnya bersih dari sampah.

Dalam kegiatan yang mulai dilaksanakan sejak 6-7 Maret 2019 ini, BPBD menggandeng Komunitas Pemerhati Sungai DAS Jeneberang serta Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Unismuh Makassar.

Kepala BPBD Gowa, Iksan Parawansa kepada media, Selasa (12/3/2019) mengatakan kegiatan sekolah sungai ini bertujuan dalam rangka bersih-bersih di bantaran sungai Jeneberang.

“Jadi intinya sambil diedukasi tentang menjaga ekosistem sungai, mahasisa juga diajak cinta lingkungan sungai dengan membersihkan sungai dari sampah-sampah,” jelas Ikhsan.

Ikhsan menjelaskan niatan membentuk sekolah sungai ini lahir pasca terjadinya bencana banjir pada Januari lalu.

“Kami sengaja galang mahasiswa dan bukan hanya dari Unismuh saja tapi juga dari Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Saukuala Aceh. Pelibatan ini guna mengarahkan mahasiswa cinta lingkungan dan ekosistem air. Perlu diketahui BPBD itu bukan hanya sekadar institusi yang bertanggungjawab dalam penangangan bencana tapi juga memberikan edukasi cara mencegah bencana dan salah satunya adalah program sekolah sungai ini,” jelasnya. (saribulan)

Baca Juga :   Korban Kecelakaan Kerja di Selayar Minta Perhatian PLN

dibaca : 49



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top