ikut bergabung

Siswa SMP se Kabupaten Maros Ikut Lomba Pidato Bahasa Inggris


Sulsel

Siswa SMP se Kabupaten Maros Ikut Lomba Pidato Bahasa Inggris

MAROS, UJUNGJARI.COM — Puluhan siswa SMP sederajat se Kabupaten Maros mengikuti lompa pidato Bahasa Inggris yang dilaksanakan Dinas Pendidikan di Gedung Baruga B Kompleks Kantor Bupati Maros, Jumat (15/2/2019).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Maros, H ABD Muis mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu ajang kompetisi untuk menggali kemampuan siswa SMP berpidato berbahasa Inggris secara tepat, akurat dan bermakna.

“Lomba ini juga merupakan program tahunan bidang pendidikan SMP,” ucap Muis saat membuka acara tersebut.

Dikatakan Muis, tujuan pelaksanaan lomba ini untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris dikalangan pelajar.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan akademis siswa dibidang mata pelajaran Bahasa Inggris, serta meningkatkan kecakapan kualitas agar dapat bersaing di era globalisasi,” kata  Muis.

Salah seorang  pengawas mata pelajaran bahasa Inggeris Drs Abdullah yang dihubungi pada kegiatan tersebut mengatakan kegiatan lombah pidato berbahasa inggris merupakan proses untuk men­dapatkan suatu kemampuan dan kete­ram­­pil­an siswa.

Karena saat ini, bagi pelajar ada banyak cara belajar untuk mengembangkan kualitas diri. Termasuk kompetisi untuk menguji kemam­puan dan keterampilan pelajar sebagai tolak ukur keberhasilan dalam belajar.

Kompetisi yang bersifat dan mengandung pembelajaran juga mampu sebagai media pelajar berkreasi. Sehingga seluruh SMP se kabupaten Maros telah mengutus siswanya untuk bertanding pada ajang lomba bergensi ini.

Dikatakan Abdullah, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan pada seluruh dunia sebagai bahasa antar negara.

Baca Juga :   Lusa 27-29 Agustus 2024, KPU Sidrap Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup Pilkada

Dalam kurikulum pendidikan Indonesia pula, bahasa ini dijadikan sebagai pelajaran wajib bagi pelajar. Artinya pembelajaran bahasa Inggris menjadi sangat penting. Untuk itu, dalam pengembangan dilakukan berbagai hal seperti lomba ini.

Selain memberikan pengalaman, kegiatan ini bertujuan untuk mencari bakat dan potensi pelajar yang mahir berbahasa Inggris.

“Lomba seperti inilah sangat besar manfaatnya karena bakat dan potensi pelajar sudah nyata,” kata Abdullah.

Salah seorang peserta, Nurlatifa pelajar kelas IX/a SMPN 7 Cenrana yang mengikuti kompetisi ini yang dihubungi wartawan mengaku, senang bisa mengikuti kegiatan ini walau dengan waktu latihan yang cukup singkat, ia berusaha meraih juarah favorit tingkat SMP sederajat.

“Saya merasa senang bisa mewakili sekolah kami untuk ikut lomba pidato berbahasa Inggeris. Walau dengan waktu latihan yang singkat, namun, dorongan dan motivasi dari pihak sekolah, kawan-kawan sehingga saya berusaha menjadi yang terbaik,” ujar Nurlatifa

dibaca : 81

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top