ikut bergabung

Guru SMKN 1 Maros Raih Doktor di UNM


Berita

Guru SMKN 1 Maros Raih Doktor di UNM

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Guru Bahasa Inggris menganggap program artikulasi sebagai atribut paling utama program pendidikan bilingual. Selain itu, kepemimpinan, visi, tujuan dan kualitas, serta organisasi, akuntabilitas, dan penilaian.

Ketiga faktor penting dalam pendidikan bilingual di SMA Kota Makassar dikemukakan Lisa Said dalam mempertahankan disertasinya dengan judul “Ethnographic Study on Bilingual Education Program at an Indonesian Senior High School” pada sidang ujian promosi untuk meraih gelar doktor Pendidikan Bahasa Indonesia, Selasa (12/2) di Aula AD Lt.5 PPs UNM.

Sidang ujian promosi dipimpin Prof.Dr.Anshari,M.Hum. anggota: Prof.Muhammad Basri,M.A.,Ph.D., Prof.Dr.Mansur Akil,M.Pd.,Prof.Dr.Haryanto,M.Pd.,Prof.Dr.Hamsu Abdul Gani,M.Pd.,Prof.Dr.Kisman Salija,M.Pd., Iskandar,S.Pd.,M.Ed.,Ph.D., dan Dr.A. Dzo’ul Milal,M.Pd.

Guru SMK Negeri 1 Maros mengkaji persepsi guru, praktik mengajar guru di kelas, pengaruh praktik guru dalam pencapaian siswa, respon siswa, dan persepsi orang tua dalam pendidikan bilingual.

Temuan penelitian Lisa Said, menyimpulkan bahwa guru, siswa, dan orang tua lebih baik menggunakan dua bahasa (Inggris dan Indonesia). Siswa mendapat stimulasi baik jika diajarkan dengan menggunakan dua bahasa.

Pendidikan bilingual di SMA sangat penting dalam mengembangkan literasi siswa. Selain itu, siswa dibekali pengetahuan bahasa Inggris kalau ingin belajar di luar negeri.

Setelah menjawab sanggahan tim penguji, Lisa Said dinyatakan lulus dengan IPK 3,96 atau predikat kelulusan sangat memuaskan. Lisa Said tercatat sebagai alumni doktor ke-777 PPs UNM dan k-52 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Baca Juga :   Di Bone, Samsu Niang Saksikan Penyaluran BPNT dan PKH

Menurut Prof.Drs.Muhammad Basri,M.Ed.,Ph.D. selaku promotor dan Kaprodi S-3 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sangat salut dan bangga dengan prestasi Dr.Lisa Said,S.Pd.,M.Pd. Temuan penelitian satu-satunya di dunia yang menemukan pendidikan bilingual lebih baik bagi siswa.

Prof.Dr.Anshari,M.Hum. selaku Ketua Sidang dan Asdir 3 menilai penampilan dan penguasaan ilmu dari guru SMKN 1 Maros sangat luar biasa. PPs UNM bangga menghasilkan doktor berkualitas dari seorang guru. (*)

dibaca : 42



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top