ikut bergabung

Puskesmas Pallangga Gencarkan Fogging di Wilayah Terdampak Banjir


Suasana fogging di BTN Royal Zigma Lingkungan Mapala, Kelurahan Pangkabinanga, Kecamatan Pallangga.

Sulsel

Puskesmas Pallangga Gencarkan Fogging di Wilayah Terdampak Banjir

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pasca banjir bandang yang melanda sebagian wilayah Kecamatan Pallangga pada Selasa (22/1/2019) lalu, kini air bah itu telah menghilang.

Yang tersisa adalah bengkalai banjir yang membuat kerusakan rumah dan barang-barang elektronik, kendaraan dan lainnya. Warga setempat yang selama banjir melanda hidup sementara di pengungsian di 13 titik yang disiapkan pemerintah kini sudah kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan.

Ada yang sudah bisa menempati rumahnya kembali ada juga yang masih sebatas membersihkan dan tidurnya di rumah keluarga terdekat.

Setelah diterpa banjir, giliran wabah penyakit DBD menghadang warga. Selama kurun air surut beberapa hari lalu wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) pun merebak.

Dari pendataan jajaran Puskesmas tercatat tiga kasus DBD. Namun pasien DBD yang telah menjalani perawatan intensif tersebut telah pulang ke rumah masing-masing.

Terkait penanganannya, Kepala Puskesmas Pallangga dr Gaffar kepada Beritakota Makassar, Jumat (1/2/2019) mengatakan pihaknya saat ini gencar melakukan pencegahan agar DBD tidak meluas.

“Kami gencarkan fogging (pengasapan) beberapa hari ini di beberapa wilayah endemis. Selain pengasapan itu kami juga melakukan sosialisasi 3M (menguras, menutup dan menimbun) ke masyarakat. Wilayah endemis ini memang ada beberapa titik di lokasi banjir di Pangkabinanga dan sekitarnya. Selain fogging kita juga lakukan pemberian bubuk abate,” jelas dr Gaffar.

Baca Juga :   Suardi Temui Korban Puting Beliung

Untuk di wilayah Kelurahan Pangkabinanga, Kecamatan Pallangga, sasaran fogging yakni BTN Nuki Pallangga, permukiman Lingkungan Salekowa, BTN Taman Mappala Indah, permukiman Lingkungan Mappala, permukiman Lingkungan Ballaparang, BTN Nusa Mappala Gowa dan BTN Sigma Royal.

Sementara catatan Dinas Kesehatan Gowa, daerah endemis DBD dan sudah dilalukan fogging per 1 Februari 2019 saat ini selain di Pallangga juga sebagian wilayah di Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa yakni area permukiman BTN Bumi Zarindah di Dusun Japing dan Dusun Sailong, Desa Sunggumanai. Serta satu lagi di Kecamatan Somba Opu yakni Kelurahan Tompobalang. (saribulan)

dibaca : 61



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top